Dimanakah Pemerintah ?

Pasal 28H ayat 1

Setiap orang berhak hidup sejahtera lahir dan batin, bertempat tinggal, dan memdapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat serta berhak mendapatkan pelayanan kesehatan”.

Menurut pendapat saya isi atau inti dari pernyataan tersebut adalah bahwa setiap warga Indonesia berhak untuk mendapatkan tempat tinggal yang layak sebagaimana mestinya dengan dapat perhatian dari pemerintah seperti pelayanan sarana dan prasarana yang diberi oleh pemerintah. Seperti contoh pada nyatanya, disebuah kawasan koja, Jakarta Utara tepatnya Kampung Beting, kawasan itu pada era 70-an adalah lahan garapan warga untuk bercocok tanam. Pada tahun 90-an, PT. Kotindo Karya mengklaim kepemilikan tanah tersebut. Barulah pada 2001, Badan Pertahanan Negara mengeluarkan surat pernyataan pembebasan tanah tersebut dari PT. Kotindo Karya, sehingga tanah tersebut menjadi milik negara. Namun kawasan tersebut seperti tidak diakui keberadaannya sekarang oleh pemerintah. Tidak ada RT-RW atau struktur pemerintahan di wilayah itu. Penduduk pun sama sekali tidak dapat jaminan kesehatan masyarakat.

Dan lingkungan yang terdapat dikawasan itu pun sudah tercemar akibat warga yang tinggal di daerah setempat. Pastinya mereka pun mempunyai masalah himpitan ekonomi yang cukup besar, sehingga banyak warga dari kawasan itu berani menjual bayi yang mereka kandung sendiri demi mendapatkan uang.

Dari kasus yang telah saya jabarkan diatas itu merupakan contoh negatifnya dari kehidupan warga Indonesia. Dan tidak turut sertanya keberadaan peran pemerintah merupakan hal yang makin memperburuk keadaan. Semestinya pemerintah turut serta merawat kawasan itu, agar tidak sia-sianya lahan yang ada. Dengan bekerja sama bersama warga setempat menciptakan sarana prasarana yang dibutuhkan seperti puskesmas, maka tidak akan terjadi hal yang tidak diinginkan. Dan wilayah tersebut akan menjadi lebih baik lagi.

One thought on “Dimanakah Pemerintah ?

  1. Sangat setuju dengan Ulasan ini. Semoga saja Pemerintah yang sekarang mau memikirkan dan memperdulikan Rakyat kecil yang semakin terpuruk keadaan Ekonomi nya. Apalagi ditambah dengan kenaikan Harga yang semakin melambung tinggi…. sehingga mempengaruhi juga kemampuan rakyat kecil untuk bisa membeli / mendapatkan tempat tinggal yang layak apalagi Pekerjaan yang sesuai…. Semua kembali kepemerintah dan peran serta para cendikiawan dan pemikir yang begitu banyak diindonesia. Terimakasih Ulasannya….

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s