Jurnal Metode Riset

“Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji KFC di Gajah Mada Jakarta Barat”.

BAB I

PENDAHULUAN

1.1 Latar Belakang Masalah

Pada era globalisasi ini persaingan sudah sangat terlihat, baik dalam pasar domestik maupun pasar internasional. Untuk memenangkan persaingan, perusahaan harus mampu memberikan kepuasan terhadap para pelanggannya, misalnya memberikan mutu yang terbaik kepada pelanggan, cekatan atau cepat dalam melayani keperluan pelanggan, mungkin bila dalam suatu produk pun pelanggan bisa mendapatkan barang yang diinginkan dengan mudah dan pastinya dengan harga yang terjangkau.

Masyarakat sebagai konsumen tentu selalu mengharapkan adanya pelayanan yang baik dalam memenuhi kebutuhan dan keinginannya. Karena konsumen merasa memiliki hak untuk mendapatkan pelayanan yang lebih baik juga mereka tidak ingin merasa dirugikan dengan biaya yang telah mereka keluarkan itu harus sesuai dengan harapan yang mereka butuhkan dan inginkan.

Restoran cepat saji adalah salah satu sarana untuk pemenuhan kebutuhan yang penting bagi manusia untuk menunjang kelangsungan hidupnya. Pelayanan tidak hanya di berikan kepada karyawan saja, akan tetapi juga kepada para pelanggan yang salah satu penunjang keberhasilan suatu perusahaan tertentu.

Restoran cepat saji yang baik adalah rumah makan yang tidak hanya menyediakan menu-menu yang enak saja atau pun memberi harga yang terjangkau. Namun rumah makan yang baik pula harus bisa memberikan pelayanan yang terbaik kepada para pelanggannya agar kepuasan yang baik dapat dinikmati para pelanggan.

Restoran cepat saji merupakan salah satu usaha yang banyak diminati oleh semua kalangan, baik pekerja, ibu rumah tangga maupun mahasiswa, karena pengelolaannya pun mudah tidak mengganggu aktifitasnya di luar usaha tersebut. Misalnya hanya berkunjung ke tempat usahanya pada saat libur atau bila mereka sedang ada pekerjaan mereka bisa berkunjung pada saat makan siang atau bertemu dengan klien.

Salah satu restoran cepat saji yang diteliti penulis dalam penulisan ini adalah Kentucky Fried Chicken (KFC). Restoran cepat saji ini terletak di pinggir jalan yang berderetan dengan restoran cepat saji lain yang juga jalan tersebut merupakan jalan yang banyak dilalui baik oleh pekerja, pelajar atupun masyarakat sekitar.

Restoran cepat saji tersebut sangat diminati oleh kalangan manapun karena menu yang di sajikan cepat dan juga beragam makanan yang tentunya sudah disediakan oleh restoran tersebut. Salah satu menu yang biasa di pesan adalah Ayam goreng yang tentunya cipta rasa yang sudah dikenal di masyarakat luas. Harganya pun terjangkau oleh kalangan mana pun. Sehingga konsumen merasakan suatu kepuasan tersendiri setelah berkunjung di Restoran cepat saji tersebut.

Penulis memberikan judul penulisan ini “Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji KFC di Gajah Mada Jakarta Barat”.

1.2 Rumusan Masalah

Berdasarkan latar belakang masalah di atas penulis dapat merumuskan rumusan masalah dalam penulisan ini yaitu bagaimana tingkat kepuasan konsumen terhadap Restoran Cepat Saji KFC di Gajah Mada Jakarta Barat.

1.3 Batasan Masalah

Dengan adanya berbagai macam restoran cepat saji yang ada, konsumen dihadapkan pada berbagai macam alternatif untuk memilih dengan keinginan konsumen. Pada penulisan ini, hanya membatasi pada masalah tingkat kepuasan konsumen terhadap Restoran Cepat Saji KFC di Gajah Mada Jakarta Barat. Dengan menggunakan alat analisis Chi Square dengan skala likert dengan 50 responden konsumen Restoran Cepat Saji KFC Gajah Mada.

1.4 Tujuan Masalah

Adapun tujuan penulisan ini adalah untuk mengetahui tingkat kepuasan konsumen pada Restoran Cepat Saji di Gajah Mada Jakarta Barat

1.5 Kerangka Pemikiran

Dalam penulisan ini, tingkat kepuasan konsumen akan ditentukan oleh lima variabel, yaitu Keandalan, Kebersihan, Kenyamanan,Keamanan dan Fasilitas.

Kerangka Pemikiran

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s