BAB III

“Analisa Kepuasan Konsumen Terhadap Restoran Cepat Saji KFC di Gajah Mada Jakarta Barat”.

BAB III

ANALISIS DAN PEMBAHASAN

3.1 HASIL PENELITIAN

Berdasarkan hasil kuisioner yang telah di bagikan ke 50 responde KFC Gajah Mada dengan 15 pertanyaan dan tingkat signifikan 10% terhadap 5 variabel Keandalan, Kebersihan, Kenyamanan, Keamanan dan Fasilitas. Maka solusi yang didapat sebagai berikut :

1. Ho : Konsumen merasa puas terhadap Restoran Cepat Saji KFC di Gajah Mada

Ha : Konsumen merasa tidak puas terhadap Restoran Cepat Saji KFC di gajah Mada

2. Menetapkan tingkat signifikan, derajat bebas, nilai kritis & nilai hitung

α = 10% = 0.1                        X2 = (α;db)

db = k-m-1                                  = (0.1:4) = 7.779

= 5-0-1 = 4

fe = jumlah data/banyak kolom

= 50/5 = 10

3. Tabel

a. Keandalan

Berdasarkan hasil kuisioner pada variabel keandalan bahwa jumlah Sangat Puas sebanyak 9 orang, Puas sebanyak 7 orang, Cukup Puas sebanyak 15 0rang, Kurang Puas sebanyak 12 orang dan Tidak Puas sebanyak 7 orang, berikut tabel yang di dapat :

fo fe (fo-fe) (fo-fe)2 (f0-fe)2 / fe
9 10 -1 1 0.1
7 10 -3 9 0.9
15 10 5 25 2.5
12 10 2 4 0.4
7 10 -3 9 0.9
50 4.8

 

b. Kebersihan

Berdasarkan hasil kuisioner pada variabel kebersihan bahwa jumlah Sangat Puas sebanyak 9 orang, Puas sebanyak 10 orang, Cukup Puas sebanyak 10 0rang, Kurang Puas sebanyak 15 orang dan Tidak Puas sebanyak 6 orang, berikut tabel yang di dapat :

fo fe (fo-fe) (fo-fe)2 (f0-fe)2 / fe
9 10 -1 1 0.1
10 10 0 0 0
10 10 0 0 0
15 10 5 25 2.5
6 10 -4 16 1.6
50 4.2

 

 

 

 

 

c. Kenyamanan

Berdasarkan hasil kuisioner pada variabel kenyamanan bahwa jumlah Sangat Puas sebanyak 8 orang, Puas sebanyak 10 orang, Cukup Puas sebanyak 13 0rang, Kurang Puas sebanyak 14 orang dan Tidak Puas sebanyak 5 orang, berikut tabel yang di dapat :

fo fe (fo-fe) (fo-fe)2 (f0-fe)2 / fe
8 10 -2 4 0.4
10 10 0 0 0
13 10 3 9 0.9
14 10 4 16 1.6
5 10 -5 25 2.5
50 5.4

 

d. Keamanan

Berdasarkan hasil kuisioner pada variabel keamanan bahwa jumlah Sangat Puas sebanyak 5 orang, Puas sebanyak 10 orang, Cukup Puas sebanyak 17 0rang, Kurang Puas sebanyak 12 orang dan Tidak Puas sebanyak 6 orang, berikut tabel yang di dapat :

fo fe (fo-fe) (fo-fe)2 (f0-fe)2 / fe
5 10 -5 25 2.5
10 10 0 0 0
17 10 7 49 4.9
12 10 2 4 0.4
6 10 -4 16 1.6
50 9.4

 

e. Fasilitas

Berdasarkan hasil kuisioner pada variabel fasilitas bahwa jumlah Sangat Puas sebanyak 5 orang, Puas sebanyak 15 orang, Cukup Puas sebanyak 14 0rang, Kurang Puas sebanyak 14 orang dan Tidak Puas sebanyak 2 orang, berikut tabel yang di dapat :

fo fe (fo-fe) (fo-fe)2 (f0-fe)2 / fe
5 10 -5 25 2.5
15 10 5 25 2.5
14 10 4 16 1.6
14 10 4 16 1.6
2 10 -8 64 6.4
50 14.6

 

3.2 ANALISIS DAN PEMBAHASAN

Dari hasil yang telah didapat berdasarkan variabel yang berbeda-beda, yaitu Keandalan yang menghasilkan X2 hitung sebesar 4.8 lebih kecil dari X2 tabel sebesar 7.779 maka terima Ho dan itu berarti konsumen merasa puas, karena jumlah puas 31 orang atau 62% dari jumlah Sangat Puas, Puas dan Cukup Puas, dan yang tidak puas berjumlah 19 atau 38% dari jumlah Kurang Puas dan Tidak Puas. Pada variabel Kebersihan nilai X2 hitungnya sebesar 4.2 lebih kecil dari nilai X2 tabel sebesar 7.779 maka terima Ho dan kepuasan konsumen tercapai dengan jumlah 29 orang atau 58% dan jumlah konsumen yang tidak puas sebanyak 21 atau 42%. Pada variabel Kenyamanan nilai X2 hitungnya sebesar 5,4 lebih kecil dari nilai X2 tabel sebesar 7.779 maka terima Ho, itu berarti pada kenyamanan kepuasan konsumen pun tercapai dengan jumlah 62% atau 31 orang dan ketidakpuasan konsumen sebesar 38% atau 19 orang. Akan tetapi jumlah nilai X2 hitung pada Keamanan dan Fasilitas lebih besar dari pada X2 tabel, yaitu 9,4 dan 14.6 dari 7.779, maka itu artinya para pelanggan tidak menemukan kepuasan pada keamanan dan fasilitas yang di berikan dengan jumlah persentase 48% dan 40%. Dalam hal fasilitas mereka mengeluhkan kurangnya tempat parkir yang tidak tersedia luas karena mereka hanya menaruh kendaraannya di pinggir jalan yang keamanannya kurang terjaga.

 

3.3 Kesimpulan dan Saran Penelitian

Berdasarkan dari penelitian yang sudah dilakukan dari survey dan kuisioner yang telah disebar. Jumlah konsumen yang puas lebih banyak dibandingkan jumlah konsumen yang tidak puas. Untuk Keandalan 62%, Kebersihan 58%, Kenyamanan 62%, Keamanan 48% dan Fasilitas 40%, maka variabel yang menghasilkan kepuasan pada konsumen Restoran Cepat saji KFC di Gajah Mada adalah Keandalan, Kebersihan serta Kenyamanan dan jumlah persentase untuk ke tiga variabel tersebut adalah 60.67% dan tidak puas sebesar 39.33%. Bila secara keseluruhan untuk jumlah persentase dalam kepuasan konsumen 54% dan untuk jumlah konsumen yang tidak puas sebesar 46%. Maka kepuasan konsumen pada Restoran Cepat Saji di Gajah Mada telah tercapai walau masih terdapat kekurangan yang masih harus diperbaiki oleh Restoran tersebut agar kepuasan dapat lebih meningkat tingkat kepuasan yang dirasakan oleh pengunjung atau konsumen. Saran yang dapat di berikan untuk Restoran Cepat Saji KFC tersebut, agar dapat memberikan fasilitas yang lebih dari yang ada sekarang mungkin salah satunya tempat parkir khusus para pelanggan yang berkunjung. Serta ditinjau dari variabel keamanan karena tidak adanya tempat parkir khusus untuk pelanggan KFC maka pelanggan merasa tidak tenangnya bila mereka berkunjung khususnya pelanggan yang berkendaraan bermotor.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s