Softskil B.Indo “Ancaman di Balik Kekerasan”

Temanggung adalah tempat bukan saja tradisi di semai dengan baik, kemakmuran pun dituai oleh warganya. Kota tentran yang terletak di pusar Propinsi Jawa Tengah, yang juga merupakan salah satu kota yang pernah dikunjungi oleh Hillary Clinton saat mendampingi suaminya dalam KTT APEC 1994. Temanggung menjadi pilihan kota yang dipilih karena terkenal  kenyamanan, kebersihan, keamanan, serta kehebatan perempuan perempuannya di masyarakat.

Kota itu seperti bayangan harapan, bahkan wilayah ideal, dimana kita mengacu dan menemukan realitas Indonesia yang sesungguhnya. Namun beberapa waktu lalu, semua itu tiba-tiba menjadi berubah. Kekerasan yang tak pernah dibayangkan bahkan tak pernah terlintas dalam benak masyarakat sekitar. Saat itu pula Kota Temanggung koyak-moyak oleh satu hal yang mingkin masyarakat sekitar pun tak mempercayainya.

Hal sama pun terjadi pada sebuah desa terpencil, cukup makmur, nyaman, damai, aman dan seperti tidak terganggu oleh kenakalan orang-orang dari kota lain. Cikeusik, desa itu tiba-tiba berubah hanya dalam satu siang. yang dari peristiwa tersebut mengambil perhatian media masa untuk mendapatkan informasi yang lengkap terhadap peristiwa kekerasan antar agama yang juga meminta korban jiwa.

Selintas muncul pertanyaan dalam pikiran dan hati kita, mengapa hal itu dapat terjadi?. Ternyata ditempat yang paling aman dan nyaman, tradisi dipertahankan, kehidupan sosial begitu toleran pun bisa menjadi ajang kekerasan. Tidak ada lagi tempat aman di Negeri ini, yang tertinggal hanya ancaman terus-menerus.

Kejadian di Cikeusik dan Temanggung adalah peristiwa-peristiwa yang tentu saja kita tahu, secara sadar atau intuitif belaka tidak terjadi secara spontan. Kekerasan itu direkayasa, direncanakan dan didesain oleh sebuah skenarioyang disembunyikan. Seperti kelompok penyerang yang jelas terorganisasi baik, yang sebagian besar tidak berasal dari wilayah kejadian, perilaku ganjil atau tidak padan dengan karakter penduduk setempat.

sumber : Seputar Indonesia. Selasa, 15 Februari 2011

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s